Wednesday, July 18, 2018

10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui


Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Buah naga atau yang mempunyai nama latin hylocereus polyrhizus ini memang banyak manfaatnya, buah yang berasalah dari Amerika Tengah ini sudah banyak beredar di kawasan Asia Tenggara salah satunya Indonesia. Bahkan sekarang banyak yang membudidayakan buah naga karena faktor cuaca di Indonesia sangat cocok untuk budidaya buah naga.
   Manfaat buah naga bagi kesehatan memang tidak perlu di ragukan lagi karena di dalam buah naga mengandung vitamin C, vitamin A,vitamin B1,vitamin B2,zat besi dan kandungan lainnya. Dari yang saya ketahui ada dua jenis buah naga yaitu buah naga yang dagingnya berwarna putih dan merah, keduanya sama kaya akan manfaat dan kusus yang dagingnya berwarna konon katanya bisa untuk meningkatkan darah merah(hemoglobin). Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat buah naga bagi kesehatan mari kita simak penjelasan berikut ini :

1. Menjaga kesehatan jantung

   Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, selain dengan cara berolahraga kita juga perlu mengkonsumsi makanan yang tepat. Menu makanan buah naga salah satunya, karena di dalam buah naga mengandung vitamin C,B1,B2 dan B3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung anda.

2. Menambah nafsu makan

   Jika anda atau keluarga anda sedang mengalami penurunan nafsu makan sebaiknya mengkonsumsi buah naga. Kenapa harus buah naga ? karena menurut para ahli pengobatan tradisional di dalam buah naga mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan nafsu makan seperti vitamin C,vitamin B1, dan vitamin B2.

3. Menurunkan kolesterol

   Apakah anda salah satu penikmat makanan berminyak seperti gorengan? berhati-hatilah karena makanan berminyak dapat memicu kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh sebaiknya di barengi dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang cocok contohnya buah naga, karena manfaat buah naga bagi kesehatan salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol.

4. Mencegah dan mengobati penyakit anemia

   Anemia adalah kondisi dimana sel darah merah dalam tubuh kurang dari normal atau singkatnya kurang darah HB(Hemoglobin). Jika anda merasa kekurangan darah HB sebaiknya banyak-banyak konsumsi buah dan sayur yang berwarna merah salah satunya buah naga yang dagingnya berwarna merah karena buah naga yang dagingnya berwarna merah bagus untuk menambah darah HB.

5. Menjaga kesehatan mata

   Manfaat buah naga bagi kesehatan lainnya adalah menjaga kesehatan mata, karena di dalam buah naga mengandung vitamin A dan karoten yang bagus untuk menjaga mata anda agar tetap sehat.

6. Mencegah penyakit kanker

   Buah yang memiliki biji kecil-kecil dan berair ini ternyata mengandung anti oksidan tinggi yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh manusia.

7. Menjaga kesehatan kulit
   Bagi anda yang mengalami masalah pada kulit seperti jerawat jangan kawatir, karena vitamin C yang terkandung dalam buah naga konon katanya bisa untuk menghilangkan jerawat di wajah. Cara menghilangkan jerawat menggunakan buah naga adalah ambil satu buah naga yang sudah di kupas kulitnya, kemudian di blender atau di haluskan lalu hasilnya di taruh dalam gelas. Ambil sedikit buah naga yang sudah di haluskan tadi lalu tempelkan ke wajah secara merata kemudian setelah 10-15 menit bilas menggunakan air bersih dan untuk sisanya bisa anda minum sebagai jus. lakukan cara ini secara teratur hingga masalah jerawat anda hilang.

8. Mencegah diabetes melitus

   Pola hidup yang buruk dan sering konsumsi makanan tak sehat yang mengandung banyak gula dapat memicu terjadinya penyakit diabetes melitus, untuk itu bagi anda yang tidak ingin masa tuanya mengalami penyakit diabetes melitus segera ubah pola hidup anda menjadi lebih baik mulai dari sekarang.Dan sebaiknya konsumsi buah naga karena di dalam buah naga mengandung zat yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

9. Mengobati panas dalam

Selain untuk mengobati penyakit diabetes ternyata buah naga juga bisa di gunakan untuk mengobati panas dalam, terlihat dari tekstur buahnya yang lembut, berair dan ketika di makan terasa adem.

10. Memperkuat tulang dan gigi

    Seperti yang sudah kita ketahui bahwa fosfor dan kalsium sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan kandungan kalsium serta fosfor dalam buah naga sangat tinggi. Jadi jika seseorang memakan buah naga secara rutin setiap hari maka kondisi gigi dan tulangnya akan tampak lebih kuat dan sehat di banding yang tidak pernah makan buah naga.

   Itulah beragam manfaat buah naga bagi kesehatan kita, semoga artikel tentang 10 manfaat buah naga bagi kesehatan ini bisa menambah wawasan kita untuk lebih tahu apa saja manfaat yang di dapat jika mengkonsumsi buah naga secara teratur.


EmoticonEmoticon