Tuesday, July 31, 2018

Segudang Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

   Buah mangga adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah Indramayu provinsi Jawa Barat, tidak heran jika kota Indramayu sering dijuluki sebagai kota mangga. Seperti yang kita ketahui buah mangga mempunyai beberapa varian antara lain buah mangga jenis harumanis, cengkir, bapang, golek, apel, kueni dan jenis lainnya. Selain di makan secara langsung buah mangga juga sering kali dijadikan sebagai campuran rujak, rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut membuat semua orang suka dengan buah mangga.
   Buah yang memiliki warna kulit hijau dan daging berwarna kuning saat matang ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral penting yang bagus untuk kesehatan tubuh. Dengan segudang kandungan zat penting di dalamnya sudah pasti buah mangga ini memiliki banyak manfaat dan berikut ini adalah manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Mencegah anemia

   Zat besi bagus untuk mengatasi penderita anemia atau kekurangan darah HB(Hemoglobin), untuk itu jika anda mengalami anemia cobalah untuk mengkonsumsi buah mangga secara teratur karena di dalam buah mangga kaya akan kandungan zat besi.

2. Menurunkan kolesterol

   Kandungan vitamin C, pectin dan serat pada buah mangga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, oleh sebab itu jika anda mempunyai kadar kolesterol tinggi cobalah untuk mengkonsumsi buah mangga untuk menurunkannya.

3. Pencegah kanker

   Senyawa penting dalam buah mangga seperti fisetin, asam galat, methillgallat dan astragalin bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal berbagai penyakit kanker. Contohnya seperti penyakit kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar.

4. Menjaga kesehatan mata

   Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A itu berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, dan ternyata di dalam buah mangga juga banyak mengandung vitamin A. Jadi jangan ragu mengkonsumsi buah mangga untuk kesehatan mata anda.

5. Mencerahkan kulit

   Zat penting pada buah mangga dapat membantu menghilangkan kotoran dan pori-pori kulit, sehingga kulit anda akan tampah lebih cerah.

6. Melancarkan pencernaan

   Buah mangga mengandung ester, aldehida dan biaktifa lainnya yang mampu menambah daya nafsu makan, dan lupa kandungan enzim pada buah mangga yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

7. Meningkatkan sistem imun

   Sumber vitamin A dan zat penting lainnya yang ada pada buah mangga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Mengobati panas dalam

   Buah mangga dipercaya dapat mengobati panas dalam, seperti yang kita ketahui kalau sumber vitamin C dapat menyembuhkan panas dalam dan ternyata buah mangga adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin c yang tinggi.

   Itulah beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan yang berhasil saya kutip dari berbagai sumber, semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kita untuk lebih tahu tentang manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh.


EmoticonEmoticon